Kamis, 10 Januari 2013

perbandingan microsoft office 2013 dan office 2010



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  PENGERTIAN MICROSOFT OFFICE
Microsoft Office adalah komersial office suite yang saling terkait aplikasi desktop, server dan layanan untuk Microsoft Windows dan Mac OS X sistem operasi, yang diperkenalkan oleh Microsoft pada 1 Agustus 1989. Awalnya istilah pemasaran untuk satu set paket aplikasi, versi pertama Office terkandung Microsoft Word , Microsoft Excel , dan Microsoft PowerPoint . Selama bertahun-tahun, aplikasi Office telah tumbuh secara substansial lebih dekat dengan fitur berbagi seperti spell checker umum, OLE integrasi data dan Microsoft Visual Basic untuk Aplikasi bahasa scripting. Microsoft juga posisi Office sebagai platform pengembangan untuk line-of-bisnis perangkat lunak di bawah Aplikasi Kantor Bisnis merek.
Microsoft Office adalah perangkat lunak kantoran yang paling populer dan paling banyak digunakan. Setelah terakhir Microsoft merilis Office 2010, kini segera hadir versi Office 2013 yang kabarnya akan dirilis setelah peluncuran Windows 8.
1.2  MICROSOFT OFFICE 2013
Microsoft Office 2013 sendiri membawa banyak fitur baru seperti kemampuan editing dokumen PDF, integrasi dengan jejaring sosial derta layanan cloud yang hadir untuk memudahkan pengguna. Tak hanya itu, sejalan dengan hadirnya Metro Style, Office 2013 juga menyediakan modus touch-enabled untuk memaksimalkan penggunaan dengan layar sentuh.
Microsoft office 2013 adalah software keluaran microsoft yang belum lama diluncurkan . dengan diluncurkannya Microsoft Office 2013 Windows 8 pun muncul . Semakin canggih teknologi akan mempengaruhi perkembangan zaman.
Seperti yang dikatakan Microsoft, Office 2013 akan tersedia dalam 3 edisi, yaitu Microsoft Office 2013 Home and Student, Microsoft Office 2013 Home and Bussines dan Microsoft Office 2013 Professional.
Microsoft sendiri secara resmi mengumumkan Microsoft Office 2013  bisa di unduh gratis untuk Preview versi percobaan atau versi beta dalam konferensi pers di San Francisco, California (AS), pada 17 Juli 2012. Setiap tiga tahun sekali Microsoft merilis Office dengan nama dagang yang disesuaikan dengan tahun peluncuran, seperti Microsoft Office 2003, 2007, 2010 dan 2013.
Untuk versi terbaru ini telah mengalami banyak pengembangan,peningkatan dan perbaikan dari versi sebeleumnya dan tentunya pada versi terbaru 2013 ini mampu memberikan layanan yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.


BAB II
PEMBAHASAN
Kali ini Microsoft telah meluncurkan produk Microsoft Office terbarunya yaitu Microsoft Office 2013. Untuk versi terbaru ini telah mengalami banyak pengembangan,peningkatan dan perbaikan dari versi sebeleumnya dan tentunya pada versi terbaru 2013 ini mampu memberikan layanan yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.
Meskipun software ini dapat dibilang sangat lengkap dan canggih bahkan sempurna untuk memenuhi kebutuhan kantoran tapi tetap ada hal yang akan menjadi kelemahan dari software office ini. Microsoft Office 2013 hanya akan mendukung sistem operasi Windows 7 dan 8. Untuk OS kawakan seperti Windows XP dan Windows Vista tidak akan lagi didukung padahal pengguna Windows XP sendiri masih banyak. Microsoft Office 2013 sendiri memang dikembangkan agar dapat berjalan sangat optimal dan baik di OS Windows 7 dan Windows 8
Dalam edisi office 2013 Consumer Preview kali ini akan terdiri dari Microsoft Word 2013, Excel 2013, PowerPoint 2013, OneNote dan Outlook 2013. Untuk antarmuka dalam edisi ini telah mengalami penyempurnaan yang cukup mengesankan. Karena kali ini Microsoft Office 2013 akan dilengkapi 2 mode, yang pertama mode touchscreen/layar sentuh dan yang kedua mode normal.
2.1 REVIEW MICROSOFT OFFICE 2013
Office 2013 versi beta dirilis pada Juli 2012 oleh Microsoft. Versi ini adalah penerus dari versi sebelumnya yang digunakan oleh hampir semua pengguna OS Windows di seluruh dunia. Tampilan awal pada paket tersebut mengungkapkan bahwa Office 2013 akan benar-benar datang dalam dua forms, Office 365 dan Office 2013. Office 365 adalah layanan berbasis langganan yang memiliki unsur penyimpanan online untuk layanan Microsoft Cloud. Tidak perluk bagi untuk membeli kedua forms tersebut, karena anda dapat menggunakan Office 2013 tanpa Office 365. Suite ini dirancang untuk berjalan hanya pada Windows 7 dan Windows 8 (Windows Server 2008 R2 atau diatasnya, untuk edisi server) dan memerlukan PC dengan performa yang cukup besar. Mari kita lihat secara rinci bagaimana Office 2013 berbeda dari Office 2010.

Office 2013 seperti biasa memiliki Word, Excel, Access, PowerPoint dan Outlook inbuilt dengan program lainnya. Office 2013 dapat diinstal sampai dengan lima PC dan lisensi untuk PC ini dapat dikendalikan dalam satu konsol. Bahkan jika Anda memutuskan untuk tidak membeli Office 365, Anda masih dapat menggunakan penyimpanan online dan layanan gratis lainnya dengan account Windows Live yang gratis. Karena itu, keuntungan menarik banyak tersedia di Office 2013. Misalnya, Anda dapat bekerja dengan dokumen kapan saja dan dimana saja Anda pergi, Anda hanya perlu membuka SkyDrive Anda dan mendapatkan dokumen dan mulai menyuntingnya.Selanjutnya, Office 2013 dapat digunakan bersama dengan Office 2010 dan Office 2007 yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai edisi dalam perangkat lunak yang sama untuk kenyamanan nya.

Sejak Office 2013 terutama ditujukan pada OS Windows 8, wajar jika ada asumsi migrasi dari mouse menjadi interaksi sentuh (touch). Meskipun mouse masih bisa digunakan, akan sangat mudah bagi pengguna untuk menggunakan interaksi “touch” untuk versi ini. Sebagai peningkatan secara keseluruhan, banyak template yang disediakan dengan office suite, untuk meningkatkan produktivitas. Versi ini juga mengalami peningkatan screen reading experience yang bias dinikmati pengguna. Versi ini sangat intuitif untuk membaca dengan antarmukanya dan dapat zooming objek dengan satu klik pada objek. Misalnya, jika dokumen Anda membaca memiliki sebuah diagram, atau tabel atau gambar dll, Anda bisa memperbesar dengan satu sentuhan, dan setelah Anda selesai, kembali ke tampilan asli dengan sentuhan lain. Fitur menarik lainnya adalah kemampuan untuk mengakses dokumen secara bersamaan. Anda dapat berbagi dokumen dengan tingkat akses yang berbeda dan menginjinkan bawahan melihat progess Anda secara real-time walaupun ia tidak memiliki Office Suite.

Excel 2013 akhirnya mendukung multi monitor. Versi ini juga memiliki gbimbingan yang lebih baik terhadap pembuatan grafik Anda sehingga terlihat elegan dan tepat. Selanjutnya, seorang programmer dapat menggunakan HTML5 untuk aplikasi desain untuk Excel yang merupakan pilihan yang nyaman yang banyak akan berniat untuk mengeksplorasi. PowerPoint juga memiliki beberapa tambahan yang berguna untuk meningkatkan produktivitas. Memiliki pilihan pembanding yang melakukan hal yang sama yang melakukan di Word; membandingkan dua versi presentasi yang sama. Ada juga beberapa perbaikan baru dalam cara seseorang dapat menggunakan PowerPoint untuk menyajikan, misalnya, sekarang Anda dapat memperbesar diagram atau tabel dengan satu klik dan memberikan tampilan yang diperbesar untuk penonton. Anda juga dapat mengganti slide dengan tampilan grid yang disediakan dalam “view presenter’s option”. 

2.2 Perbandingan Antara Singkat MS Office 2013 dan 2010

v  Office 2013 memungkinkan pengguna untuk mengontrol izin menggunakan konsol pusat sementara ini tidak tersedia di Office 2010.
v  Office 2013 ditawarkan dengan layanan berbasis langganan, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan sinkronisasi antara semua komputer yang bekerja, sedang Office 2010 tidak memiliki fitur ini.
v  Office 2013 lebih ramah sentuhan dan sejalan dengan metro style UI Windows 8 dibandingkan dengan Office 2010.
v  Excel 2013 mendukung multi monitor sementara itu tidak tersedia di Office 2010.
v  PowerPoint 2013 juga memiliki kontrol yang lebih baik dibandingkan dengan PowerPoint 2010



2.3  FITUR-FITUR MICROSOFT OFFICE 2013
v  Metro UI
Antarmuka pengguna pada Office 15 ini sama dengan Office 2010, tapi dengan Metro Style dengan warna-warna pastel.
v  Cloud
Pengguna berlangganan Home Office Premium 365 sekarang dapat menginstal satu kali pengguna Office pada sebuah PC yang tersambung ke Internet. Pada dasarnya ini memungkinkan Anda untuk bermigrasi lisensi ke mesin apa pun yang Anda inginkan. Pengguna juga bisa mengakses langsung ke awan melalui penyimpanan SkyDrive.
v  Terintegrasi Dengan Pihak Ketiga
Dengan login maka pengguna dapat mengakses berbagai akun seperti Facebook, Flickr, pengguna juga dapat melakukan embed video dari YouTube. Pada aplikasi Excel tersedia data-driven Agaves, yang memungkinkan pengguna untuk menyatukan spreadsheet data dengan data online.
v  Mode Sentuh
Pada Office 15 terdapat mode sentuh, namun fungsinya saat ini masih terbatas. Pada mode sentuh ini pengguna dapat memperbesar elemen-elemen dan menampilkan workflow tool. Microsoft tampaknya perlu mengembangkan lebih lagi untuk mode sentuh ini.
v  Search
Microsoft tetap menyertakan fitur search dengan mengintegrasikan Bing langsung ke antarmuka Office 15. Sekarang pengguna dapat mengakses Bing Search melalui “Insert Image”, widget Ribbon, yang memungkinkan untuk mengambil gambar lebih cepat dari internet.
Inovasi baru juga ditambahkan pada aplikasi-aplikasi yang ada di paket Office 2013, aplikasi lain yang dapat dinikmati antara lain;
  1. Microsoft Access
  2. Microsoft Infopath
  3. Microsoft Lync
  4. Microsoft Onenote
  5. Microsoft Outlook
  6. Microsoft Publisher
  7. Microsoft Visio Viewer

BAB III
PENUTUP
3,1 KESIMPULAN
Kelebihan aplikasi Microsoft Office 2013 terbaru dari versi sebelumnya adalah Support Touchscreen pada perangkat Tablet Windows 8 dan Personal Computer (PC) atau Laptop anda. Banyak dijumpai tablet PC atau laptop dengan layar sentuh menjadikan kemudahan dalam pengolahan data berbasis perkantoran. Versi terbaru Microsoft Office 2013 ini dapat terkoneksi dengan SkyDrive, sebuah layanan data berbasis online. Pengguna bisa mengedit atau mengakses data yang sudah kita tulis sebelumnya tanpa harus repot memindahnya terlebih dahulu ke flashdisk. Versi ini juga lebih interaktif karena terhubung langsung dengan Yammer dan Skype.

















DAFTAR PUSTAKA



3 komentar:

  1. Thanks infonya gan.. sangat menambah wawasan..

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    BalasHapus
  2. PT. Sarana Solusindo Informatika adalah Large Account Reseller Microsoft Indonesia yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja 53 Jakarta, saat ini sedang fokus untuk meperkenalkan lebih jauh tentang Office 365, tools yang memungkinakan anda untuk bekerja diman saja dan kapan saja,
    Dapatkan Info feature dan Harga Jual Office 365 terbaru dengan hubungi kami melalui telp, atau website resmi kami.
    Terima Kasih.

    BalasHapus